Monday, September 16, 2013

Living in Our Parents House

Halooo..

Yup! dulu saya dan Mr A ketika belum nikah memang rencananya mau tinggal di rumah orang tua saya dulu setelah menikah. Mengapa eh mengapa ? Karena kasian donk orang tua udah besarin cape cape anak gadisnya, masa iya abis akad langsung dibawa pergi, paling gak transisinya pelan pelan gitu. Susah juga tenyata cari laki-laki yang bisa memahami itu, untuk saya ketemu si Mr A yang sangat family oriented dan ngerti kalau gak segampang itu orang tua tiba tiba pisah sama anak perempuannya.

Awalnya kita sepakat tinggal di rumah orang tua mungkin 2 tahun aja abis itu pindah ke rumah sendiri di daerah Cibubur. Eeeeehhh pas cucu pertama lahir makin susahlah ini si nenek dan si kakek pisah sama si cucu. Ternyata bener lho cucu emang lebih disayang daripada anak (edisi jealous....).

Ternyata rencana kita untuk pindah dari rumah ortu setelah 2 tahun tidak terlaksana. Si Mr A yang emang orangnya gak tegaan kalau yang namanya sama orang tua, milih tetap stay dulu di rumah ortu sampai kita dapet rumah di dekat rumah orang tua saya. Akhirnya rumah Cibubur itu bukannya kita jual malah kita kontrakin ke ekspatriat .

Sebenarnya orang tua saya baik-baik aja dan seneng-seneng aja kalau saya masih tinggal disitu. Tapi saya gak enak juga misalnya kalau teman-teman saya dan suami main gak bisa malem banget pulangnya. Saya dan teman-teman yang mantan anak muda yang sekarang jadi orang tua kalau uda ngumpul suka lupa kalau kita udah ibu ibu dan bapak bapak. Tetap aja kalau cekikikan menggelegar dan mambahana. Gak enak donk sama orang tua tengah malem masih keberisikan.

Perjalanan mencari rumah di daerah dekat rumah orang tua dimulai. Saya dan Mr A punya kriteria sendiri dalam mencari rumah :
  1. Pertama dan utama deket sama orang tua saya. Kenapa ? Kasian anaknya cuman 3, kalau semua jauh jauh yang nemenin mereka siapa ? Sekarang masih seger ceria masih suka jalan-jalan, lha kalau udah tua banget kan musti ditemenin yaaa..
  2. Tidak terlalu besar tapi tidak terlalu kecil juga. Minimum cukup kalau punya 2 anak. Kalau besar sepi ah kalau anak anak nanti udah nikah masa berduan aja. Tapi yang utama siy belom mampu belinya, alasan pertama hanya ALASAN BUALAN. (Jeduuurr!!)
  3. Lingkungan aman. Maksudnya lingkungan jalannya aman gak banyak lalu lalang mobil jadi dia bisa maen sepedaan dan maen ma tetangga. Masa anak saya macam dikerem aja di kamar, lama-lama jadi anak ayam gimana ??
  4. Lingkungan sekitar. Rata - rata tetangganya kayak gimana itu penting bagi saya dan suami. Lagi-lagi pasti dia hars besosialisasi donk masa jadi anti sosial. betul kan ibu-ibu ?
  5. Jangan ada disekitarnya yang pelihara ANJING. Saya takuuuttt banget ma anjing walaupun saya lebih takut sama kucing.
  6. Kalau deket sama Sekolah, RS, dan Supermarket gak terlalu jadi pertimbangan bagi saya. Karena ke sekolah juga pasti gak mungkin saya anter L jalan kaki bisa disemprit sama Mr A. Mr A paling gak mau anaknya kebakar matahari mungkin gak mau kayak dia kali yah hideung hideung gimana gitu. Kalau ke Supermarket gak mungkin juga saya gak bawa kendarannya, gimana nenteng belanjaanya. Kan tetap mau jadi mama mama belanja cantik (Ngareppp ciinn! ) 

Okelah singkat cerita (kalau diceritain semuanya bisa dua hari nulisnya), rumah yang kita mau gak ketemu. Rumah-rumah di cluster dengan lingkungan aman dan deket ma ortu harganya udah diatas 9 digit aja padahal rumah seciprit. Mr A yang kerjaannya keseringan melototion harga saham, suku bunga, ngobrol-ngobrol sama analis-analis keuangan, katanya rumah-rumah sekarang itu terlalu mahal dan adanya bahaya bubble mengancam. Bubble maksudnya bubble kayak mainan anak-anak gitu pa ? (hahaha gak deng maksudnya bubble macam kredit di amerika itu). Kalaupun kita tetap mau cari yang harga sesuai dengan rumahnya itu jauuuhh dari rumah orang tua saya (Yaaahh gak kecapai donk mau nyenengin orang tuanya). Akhirnya setelah mikir masak masak dengan api kecil, kita m]mutusin bangun di belakang rumah orang tua aja. Dari dulu orang tua sebenernya udah nyuruh bangun rumah di tanah belakang orang tua. Sebagai cucu betawi, itu engkong saya punya semacam komplek keluarga yang ada rumah kurang lebih 10 rumah anak cucunya dan ada beberapa tanah yang masih kosong. Tapi dulu karena faktor idealisme gak mau bangun disana. Tapi akhirnya secara logis dan demi keamanan dan kenyamanan L, so we decide to build our house there. hihi.

Next story tentang rumahketar ketir urusan bobol tabungan, kpr renovasi, dan sebagainya.

Love,
S
Instagram @sashashafia




No comments:

Post a Comment